Pengertian Flash Sync Speed Dan Shutter Speed

Pengertian Flash Sync Speed dan Shutter Speed

Perlu diketahui bahwa dalam teknik fotografi, sepertinya sobat perlu tahu apa itu pengertian flash sync speed dan shutter speed. Kedua istilah tersebut perlu untuk kawan pahami mengingat akan sangat berkaitan dan berpengaruh pada kualitas foto yang diambil, terutama dalam kaitannya dengan pencahayaan. Lalu, kira-kira apa sih pengertian flash sync speed dan shutter speed itu?

Pengertian Flash Sync Speed Dan Shutter Speed

Perlu untuk dipahami bahwa pengertian flash sync speed dan shutter speed merupakan salah satu sektor dalam aktivitas fotografi yang bisa dibilang cukup penting. Apalagi, buat sobat yang ingin mendapatkan foto yang berciri gambar subyek utamanya tajam dan juga mendapatkan background serta foreground yang memiliki cahaya sekitar atau ruangan (bukan gelap seperti permasalahan ketika menggunakan Flash). Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, simak saja ulasan mengenai pengertian flash sync speed dan shutter speed yang akan kami uraikan di bawah ini.

Berikut penjelasan detail mengenai pengertian flash sync speed dan shutter speed :

  1. Pengertian Flash Sync Speed

Dalam kaitannya dengan pengertian flash sync speed dan shutter speed, kali ini kita akan bahas apa itu flash sync speed. Perlu diketahui bahwa hal pertama yang akan kita bahas yakni flash sync di mana dalam dunia fotografi, flash sync speed ini merupakan sebuah fungsi yang ada di banyak kamera digital untuk memotret dengan menggunakan Slow Shutter Speed bersamaan dengan Flash. Fitur ini berfungsi untuk mendapatkan foto dari subyek utama yang tajam dan juga mendapatkan background serta foreground yang memiliki cahaya sekitar/ruangan.

  1. Pengertian Shutter Speed

Di sisi lain, dalam dunia fotografi pun juga tentunya sangat dikenal nama shutter speed. Di mana, shutter speed sendiri memiliki arti terkait dengan rentang waktu saat shutter di kamera terbuka. Dengan kata lain, shutter speed berarti waktu di mana sensor kita ‘melihat’ subyek yang akan kita bidik gambarnya. Atau bahasa mudahnya lagi, shutter speed adalah waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula. Fitur ini berfungsi untuk mendapatkan foto yang tajam dan aman dari hasil bidikan gambar yang berbayang (blur/ tidak fokus).

Setelah mengetahui pengertian flash sync speed dan shutter speed di atas maka teman-teman pastinya menjadi lebih paham mengenai teknik-teknik dalam dunia fotografi. Pasalnya, kedua fungsi yang telah kita bahas pengertiannya kali ini memang nantinya sangat berpengaruh pada kualitas foto yang diambil. Nah, semoga saja pengertian flash sync speed dan shutter speed yang dijelaskan di atas bisa memberikan manfaat buat kawan-kawan semua.