Tips Fotografi Underwater2

Tips Fotografi Underwater

Sepertinya foto dibawah air (underwater) kini sedang menjadi tren dan dikalangan pecinta fotografi. Pasalnya tidak hanya di lautan saja melainkan di tempat-tempat air seperti kolam, sungai dan tempat yang lainnya menjadi tempat background pengambilan gambar. Ya, dibawah air memang akan menghasilkan gambar yang menakjubkan terutama di lautan yang mana banyak dijumpai flaura maupun fauna yang cantik. Untuk mengabadikan momen tersebut juga harus dibutuhkan teknik yang tepat.

Tips Fotografi Underwater2

Seperti yang telah disinggung, bahwa tidak hanya dilautan saja melainkan juga di lokasi lainnya. Semua tempat yang berada di air memang membutuhkan persiapan dan teknik yang pas sehingga gambar yang dihasilkan pun bisa terlihat jernih dan tajam. Berikut beberapa teknik fotografi underwater yang bisa kamu lakukan:

  1. Belajar Diving

Belajar diving ini bertujuan agar kamu bisa bertahan dan menyeimbangkan tubuh kamu ketika berada di dalam air. Apalagi kalau yang kamu bidik adalah hewan laut, maka kamu dituntut bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Pemikiran Terbuka

Pemikiran terbuka disini adalah kamu harus membedakan bahwa pencahayaan dalam air dan di luar sangatlah berbeda jauh. Ketika didalam air, cahaya dibutuhkan 6 kali lebih cepat daripada di daratan sehingga wajar saja jika cahaya dalam air itu terkesan menggelombang sebab pantulan cahaya menyebar. Sebaiknya atur kamera kamu sesuai dengan kondisi dalam air tersebut

  1. Gunakan Housing atau Case Waterproof yang tepat

Di era digital, kamera smartphone sepertinya dirasa cukup untuk mengabadikan momen yang tepat untuk pemotretan dibawah air. Namun, kembali lagi apapun kamera yang kamu gunakan harus menggunakan housing yang memang digunakan khusus untuk dibawah air agar tidak bocor. Sebaiknya gunakan housing yang memang khusus digunakan untuk kamera bukan untuk video.

  1. Kenali jenis air

Tidak semua jenis air sama, pastinya air tawar dan air garam cukup berbeda namun nyatanya kedua air tersebut menghadilkan gambar yang bagus jika dilakukan dengan cara yang tepat. Lalu apa yang dimaksud dengan mengenali jenis air? Yang dimaksudkan adalah air yang jernih dan berbahan kimia. Jika kamu mengambil subjek di tempat kolam maka pastikan hasilnya terlebih dahulu. Biasanya kolam yang tidak mengandung bahan kimia akan terlihat jernih apabila difoto sedangkan kolam berkaporit justru sebaliknya.

  1. Belajar Memotret Cepat

Berbeda halnya dengan daratan, hewan laut justru bergerak lebih cepat sehingga ketika kamu akan menjepret gambar maka kamu harus secara fokus dan cepat. Tidak hanya ketika akan memotret hewan saja namun juga model yang menggunakan make up. Make up akan cepat luntur jika kamu tidak melakukannya dengan segera. Maka dari itu, disarankan untuk post-editing untuk memperbaiki dan membuat foto lebih tampak lebih baik.

Ternyata memotret dalam air tidak seindah ketika melihatnya didalam foto. Kamu harus mengenal kondisi air, bergerak cepat dan pastinya menggunakan kamera yang sesuai untuk digunakan dalam air. Beberapa tips diatas bisa kamu pelajari dan praktekkan di kolam atau tempat wisata sebagai langkah awal kamu dalam menghasilkan gambar yang apik di dalam air.