Tips Fotografi Wedding

Tips Fotografi Wedding

Fotografi wedding berbeda dengan fotografi pada umumnya maka dari itu kamu harus menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan saat wedding berlangsung. Sebagai fotografer wedding terutama bagi pemula, pasti mengalami beberapa kesulitan bahkan bisa membuat fotografer merasa tertekan dan strees karena suasan yang ramai.

Fotografi wedding bisa dikatakan sebuah dokumentari, landscape, portrait, still life, foto keluarga, namun fotografi wedding akan berbeda bagi fotografer karena membutuhkan kesabaran dan stamina ketika dihari pesta pernikahan berlangsung.

Tips Fotografi Wedding

Nah, agar kamu tidak kebingungan dan melakukan kesalahan selama pengambilan foto ketika ditunjuk sebagai fotografer wedding. Sebelum masuk ke penjelasan mengenai tips fotografi wedding yang perlu kamu ketahui adalah fotografi wedding terdapat beberapa tahapan diantaranya saat pra-wedding, pesta pernikahan dan closhing. Berikut penjelasan 5 tips dan trik yang bisa kamu terapkan:

  1. Sebelum memulai, kamu harus tahu bahwa fotografi wedding bukanlah hanya sekedar fotografi

Skill yang bagus hanya dibutuhkan 30% dari apa yang dibutuhkan untuk menjadi fotografer pernikahan. Sedangkan 70% mencangkup:

  • Senang,ramah dan mampu membangun hubungan yang baik serta berteman kepada siapapun
  • Menjadi pemecah masalah ketika mengalami kesalahan mulai dari pihak pengantin ataupun perlengkapan fotografi itu sendiri
  • Mampu bergerak lebih cepat, mengambil keputusan dengan bijak dan menyaman semua orang adalah hal yang harus dilakukan
  • Bersikap berani, meminta orang untuk mendengarkanmu namun jangan bertindak dengan kasar. Jadi pengendali keramaian.
  • Menjadi penghibur yang bisa bersenang-senang, berhumor, memberikan pengalaman dan memberikan pengalaman kepada pengantin wanita agar menikmati proses pesat pernikahannya.
  • Dan masih banyak lagi
  1. Disini akan lebih membahas mengenai proses yang paling penting selama fotografi wedding, bahkan pada proses ini disebut dengan ibu dari semua peraturan fotografi wedding bagi pemula.
  2. Persiapan
  • Kenali perlengkapanmu

Kita mulai dari hal yang paling penting yaitu perlengkapanmu. Ambil kameramu dan yakinlah bahwa kamu mengetahui apa yang harus disetting. Mengetahui mode pada kamera, kenali setting yang ada pada lensa kamera (misal, image stabilizer), atau pengaturan mengenai speedlite kamu dll.

  • Panduan lokasi

Panduan lokasi adalah salah satu yang harus kamu lakukan sebelum pernikahan sehingga kamu bisa mempersiapkan diri. Mungkin kamu tidak ada kesempatan untuk melihat rumah pengantin baik pengantin pria maupun wanita namun anggaplah bahwa rumah mereka sama halnya dengan rumah-rumah pada umumnya. Selain pengantin pastinya kamu akan melihat pemandangan di tempat lokasi dan temukan apa yang harus kamu hadapi.

  • Tulislah apapun yang harus kamu foto dan ingat semua list tersebut dengan baik. Cara ini sangat efektif bagi kamu yang masih pemula.
  • Sebagai pemula, ada baiknya kamu latihan memotret pasangan palsu sebelum memotret momen pernikahan sesungguhnya. Kamu bisa meminta tolong teman kamu untuk menjadi model, dan carilah lokasi yang memang bisang menghadirkan nuansa yang pas untuk pra-wedding.