Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye2

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Frog eye merupakan teknik dalam fotografi yang digunakan untuk mengambil gambar dari bawah subjek. Sudaut penglihatan ini sebatas mata katak maka dari itu, biasanya angle foto biasanya berada dibawah subjek. Teknik ini biasanya digunakan untuk foto peperangan, flora dan fauna. Namun, teknik ini juga bisa dikembangkan untuk mendapatkan sisi gambar yang berbeda. Sedangkan komposisi frog ye merupakan pengambilan gambar dengan teknik foto yang mengarahkan bidikan awal lensa kamera ke arah bawah terlebih dahulu kemudian keatas secara perlahan.

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye2

Teknik frog eyes view biasanya banyak digunakan untuk memotret fauna karena lebih terlihat detail. Biasanya untuk mendapatkan bidikan yang diinginkan harus berjongkok atau berbaring. Maka dari itu, penggunaan teknik ini harus dilakukan dengan persiapan yang matang.

Untuk mendapatkan hasil foto dengan cara frog eyes sebaiknya kamu harus pintar-pintar dalam memilih subjek yang tepat. Adapun beberapa tips komposisi frog eye sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan lampu flash, jika kamu ingin memotret hewan atau sejenisnya. Karena lampu flash pada kamera bisa menimbulkan red-eye syndrome
  2. Bidik gambar ketika cuaca sedang cerah, atau cara waktu ketika siang hari.
  3. Untuk mendapatkan momen yang indah terutama untuk hewan maka kamu harus sabar. Jika hewan maka ambillah gambar ketika mereka sedang berekspresi.
  4. Gunakan life view saat pemotretan agar posisi point of interest-nya lebih mudah diposisikan.
  5. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur LCD sehingga kamu tidak harus berbaring.
  6. Gunakan kamera yang bisa diatur sudutnya sehingga akan memudahkan kamu ketika mengambil gambar.

Komposisi frog’s eye view biasanya digunakan untuk membuat subjek tersebut lebih terkesan lebih tinggi, dan digunakan untuk levitasi yang mana bertujuan untuk memisahkan subjek dengan garis horison. Selain itu juga memberikan dimensi ke fotografi landscape, misalkan padang pasir atau berupa hantaran rumput hijau. Beberapa tips komposisi frog’s eye diatas bisa kamu gunakan untuk mempermudah saat pemotretan, dan menghasilkan gambar yang lebih optimal.