Tips Street Photography

Tips Street Photography

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips untuk mendapatkan hasil gambar foto jalanan, alangkah baiknya mengenatahui terlebih dahulu maksud dari street photography. Street Photography merupakan cara kamu untuk mendokumentasikan kehidupan masyarakat langsung menggunakan kamera kamu dengan cara yang bisa dikatakan lebih jujur, karena untuk pengambilan gambar tidak harus mengarahkan subjeknya untuk berpose atau disebut dengan candid. Street Photography tidak hanya bisa diambil dari jalanan saja, melainkan tempat publik lainnya seperti mall, kantor, museum dsb. Orang yang suka dengan street photography biasanya memiliki interaksi sosial yang tinggi pasalnya pengambilan gambar tersebut harus berinteraksi langsung dengan masyarakat atau lingkungan. Lalu, apakah orang yang tidak memiliki ikatan sosial yang bagus juga bisa menggunakan cara street phpotography? Pastinya bisa, karena kamu akan dengan perlahan mengenal dunia luar dan bisa belajar padanya secara langsung. Yang kamu butuhkan untuk menghasilkan gambar dengan street Photography adalah bisa mengoperasikan kamera.

Tips Street Photography

Street photography bisa dilakukan dengan beragam genre, mulai dari interaksi atau hubungan kemanusiaan, emosional seseorang atau menggambarkan karakter seseorang tersebut. Pada umumnya, street photography bisa dikatakan sebagai foto humanisme karena kamu bisa mengambil dari segala angle bahkan bisa melibatkan emosi bagi yang melihatnya. Karena tidak hanya di jalanan atau gedung sekitar kamu saja, namun kamu juga bisa mengambil foto ketika terjadi suatu musibah atau bencana.

Nah, untuk tips street photography yang bagus walaupun kamu masih awam sekalipun, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Ditch Zoom dan Gunakan Lensa Prime Yang Lebar

Street photography bukanlah menempatkan subjek tepat di lensa saja melainkan melibatkan pengalaman hidup, kedekatan dan emosional. Mungkin diantara kita akan tergoda untuk menggunakan lensa zoom 70-200 agar lebih nyaman dan menghindari kesalahan ketika pengambilan gambar. Nah kesalahan dengan menggunakan lensa zoom justru akan mengakibatkan 2 hal, pertama kamu akan terlihat mencolok dengan lensa zoom kamu yang panjang. Kedua, penggunaan lensa zoom justru terkesan membidik langsung subjek sehingga subjek justru tidak nyaman ketika akan dipotret. Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, sebaiknya kamu menggunakan lensa lebar yang bisa mencangkup ruang yang sedang kamu jepret tanpa harus terlihat langsung mengarah kepada subjek.

  1. Ambil Gambar Lebih Dekat

Yang dimaksud lebih dekat adalah seperti halnya kamu zoom kamera kamu. namun ingat, hindari penggunaan lensa kamera zoom yang justru membuat subjek tidak nyaman. Sebaliknya, tetap gunakan kamera prime lebar karena kamu bisa mendapatkan gambar lebih jelas. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan lebih detail, misalkan ketika terdapat pekerja buruh atau kuli bangunan, maka kamu akan mendapatkan gambar keringat sehingga penikmat gambar juga akan ikut merasakan emosi dalam foto dan tidak hanya subjek tersebut hanya sekedar subjek.

  1. Selalu Bawa Kamera Kemanapun Kamu Berada

Kadangkala kita merasa terbebani ketika harus membebani, “kamera ini berat”, “menyebalkan” dan sebagainya. Namun, kadangkala justru kita melewatkan beberapa momen menarik ketika berada di tempat publik karena tidak membawa kamera. Walaupun saat ini sudah ada smartphone, namun akan lebih maksimal jika kamu mendapatkan gambar melalui kamera yang kamu gunakan tersebut.

  1. Jadilah dirimu Sendiri dan Abaikan Perkataan Orang Lain

Jika kita sedang street phptography maka mau atau tidak mau kita akan menemukan segelintir orang akan menghakimi atau mencemooh kita. Ingat, saat kita dijalanan maka kita hanya sendiri maka gambar yang kamu ambil juga sesuai dengan subjektifitas kamu. Walaupun, di masyarakat juga terdapat peraturan sosial, kita tetap bisa mengambil gambar jika kita mengetahui hal-hal yang diperbolehkan dalam peraturan tersebut. Sebaiknya untuk selalu belajar tradisi suatu tempat terutama ketika kamu berada di luar negeri.

  1. Be Respectful

Sering kita menjumpai beberapa orang yang street photography mengabaikan hal ini. Banyak orang hanya mengambil gambar hanya untuk kepentingan pribadi, bahkan bisa disebut dengan eksploitasi bumi. Misal, ketika kamu akan memotret tunawisma sebaiknya perhatikan pesan apa yang akan kamu sampaikan untuk publik. Hindari untuk mengambil tunawisma yang sedang meratapi sesuatu karena hal tersebut sudah tergolong sikap yang tidak sopan dan bahkan tidak menghargai subjek kamu.

  1. Carilah Yang Sejajaran

Nah, genre fotografi ini seperti sedikit unik dan menarik untuk dipublikasikan. Karena, kamu bisa mendapatkan kesan hunomr, ironi atau pesan lain jika kamu mendapatkan orang yang berjajaran. Carilah orang yang berjajar dengan karakter, tinggi, berat dan usia yang berbeda. Namun, hindari orang yang memiliki kepala botak dan terpantul cahaya agar hasilnya lebih maksimal.

6 tips street photography diatas bisa dijadikan rujukan atau pedoman kamu ketika berada di tempat publik, yang terpenting dari street photography adalah etitude. Maka dari itu, dapatkan gambar sosial dengan cara yang jujur, emosional dan inspiratif.